Balada Bayi Sosialita

Hehe masih tentang bayi sosialita yang berhasil mengumpulkan 1000 lebih vote sedangkan pesaingnya cuma 100-200an (itu 2-3hari lalu). Kalo nggak tau latar belakangnya dia siapa sih emang ga mungkin banget ya bisa dapet vote sebanyak itu, bahkan seorang celeblog (selebriti blog) sekalipun.

Aku ngiranya dari emaknya aja pasti udah banyak dukungan, secara FB friend dese udah sampe 500 lebih. Mungkin sesama sosialita, mungkin klien, dan mungkin banyak juga ngaku2-friend (hehe). Tapi bisa meyakinkan 1000 orang kan ga gampang. Pasti deh ada campur tangan para embah yang udah sosialita bangkotan; kalo 4 embah aja bisa ‘bikin’ 200 org vote kan udah lumayan. Apalagi orang2 yang pengen carmuk ke mereka “saya sudah vote cucu Ibu lho!”.

Ah ternyata dugaan saya dikuatkan. Kemaren pas ketemu online sama salah seorang sobatnya si emak yang deket dengan keluarga besar dia bilang, dia akhirnya menyerah untuk vote si bayi karena timeline FB nya dibombardir kampanye Vote Baby J dari emakny, bapaknya, embahnya, eyangnya, tantenya, omnya, dll dll dll. Dan itu SETIAP HARI! Gila ga tuh. Soalnya aku baru tau ternyata kita bisa vote once-a-day. Jadi kalo vote tiap hari, makin banyak peluangnya. WIH niat ya…Bahkan katanya temen2 emaknya yang bule2 dari negara antrah berantah segala rupa juga di-tag. Lha mereka juga ga ngerti ini casting call apaan. Untungnya merek baju terkenal, jadi lumayan okelah.

Ditambah lagi info dari seorang teman yang suka follow dan friend para artis di FB/Twitter, ternyata banyak juga teman artis si emak yang ikutan kampanye. Yang pasti tantenya ter-Cinta dan denger2 temen penyanyi yang mantan pacarnya penulis kambing itu. Waaaahh kalo fans-nya orang dua itu aja mau vote semua…ya banyak ya. Belum lagi artis2 lain yang mungkin ikutan kampanye karena deket sama keluarga itu, atau karena emang seneng liat foto si bayi yang imut, atau lagi2 carmuk.

Anyhoooch….kalopun dia menang, it’s fair and square, lha wong dukunganya memang banyak kok.

btw hadiahnya apa sih kok sampe getol banget? kalo Baysos sih pastinya ga nguber duit, mungkin peluang jadi model Baby Clothing?

 

add 1

ternyata terbukti! semua orang di-tag sama emaknya Baby J. By semua orang I mean : Moi included. Gilak kan ya…
karena dia nge tag-nya perhuruf nama temen2nya, aku masuk dong di geng huruf ‘O’ barengan Opie Andaresta dan Olla Ramlan….hahahaha berasa dekeeet

In this photo: Ochi Latjuba, Oktifah Fitrianah (photos), Olla Dipoatmodjo, Nyuqi’s Nail Art (photos), Ochi Rubyanto, Original Naro, Oki Sami (photos), Oliver O Ontiveros, Ola Harika (photos), Oritje Sepmarama (photos | remove tag), Okie Sintawati, Nurman Priatna (photos), Oky Juice (photos), Nudial Khair Adha, Olivia Nonita Ramelan, Oky Anugrah (photos), Oki Rahmat Subagja, Nungky Sikado (photos), Oktavia Biantoro (photos), Okt Tjandra, Oppie Andaresta, Okky Hutapea (photos), Ollie Seymour, Oktamitha Pratita Nugroho, Olga Priscillya, Olga Tatyana, Omar Andi Patanroi, Ossie Alamsyah, On Pedder (photos), Nyimas Rannie Kamil, Nynna Imanto Mancini, Oki Wong (photos), Orie Augusta, Oddy Michael, Oki Bil Mon (photos), Opco Indonesia (photos), Nur Azizah, Odie Chandra (photos), Nuki Nugraha S, Nursyarifah Harminanto, Oki Aldebaria Pawaka (photos), Nursasongko Trihatmojo, Oscar Christian Mahendra, Nuning Emmyr (photos), Omar Santoso (photos), Ol Ram, Omar Syahdarma, Odi Harjono

add 2

HAAAAA pantesan Baby J posisinya masih belum save, barusan find-out ternyata saingannya adalah teman satu geng yaitu Baby L yang lahir 3 bln setelahnya. Votenya doooong udah 2600 lebiiiihhh. Ahhh ternyata terbukti sosialita masih kalah sama selebriti/artis kalo udah masalah suara publik. Dan ini pun aku bukan tau dari si emak Baby L langsung (secara ga ngefans) tapi dari komedian kesayanganku yang super kurus. Nah kan selebrita didukung selebrita didukung selebrita dst dan terkumpullah suara dari fans masing2 artis tsb. Istilahnya Snow Ball effect, dimulai dari bola kecil kalo digelundungkan ke orang yang tepat efeknya bisa membahanaaaaa sodara2. Ah hantesan emaknya Baby L dulu ngotot mencalonkan diri jadi anggota dewan. Hemmm….ikutan vote ga ya…

add 3

Hem…(postingan semakin memanjang) sebagai pengamat marketing dan komunikasi (malu ngaku ‘penggiat’ atau ‘pekerja’ soale sudah nyeleweng jauh) aku terarik dengan fenomena ‘Vote’ ini. Ini bener2 keuntungan berlipat2 untuk pihal brand-nya. Bayangin aja, mereka cuma modal kamera dan fotografer doang! Facebook account gratis, make up ga pake, kostum dagangan sendiri, background ya bikin dikit lah, bahkaaan yang mau foto pun harus belanja min 500rb. Dan mereka dapetnya apa? publikasi segila2nya. Dari dia bikin so-called-casting-call aja pasti udah pada ribut deh para emak merumpikannya, belum lagi pas hari H pemotretan pasti pada banyak yang tertarik, eh sekarang untuk menentukan pemenang pun mereka tinggal ongkang2 kaki. Biarlah para emak dan bapak yang sibuk mempromosikan anak2nya yang artinya mempromosikan brand dia juga (yang emang udah terkenal). NAH! dan pastinya doooong yang menang yang paling banyak vote-nya, yang artinya kalo ada public figure yang kebetulan ikutan casting-call dia, bisa dipastikan dia yang menang vote. Dan si brand dapet apa? FREE ENDORSEMENT!! gelo…Luna Maya aja dikontrak brapa jut-jut untuk endorse sabun mandi. Cuma nyebut mereknya di sebuah occassion aja dia bisa dapet ‘upah’ se-mobil kali ya (ya ga tau juga sih, mungkin juga pintunya mobil doang). Lah ini si emak yang selebriti, dibantuin temen2 sesama selebriti dengan sukarela mengumbar2 merek dagang si brand demi si kecil. Wih…..from a marketing point-of-view this is GENIOUS. Tapi lagi2 aku ga sepenuhnya setuju dengan kemenangan berdasarkan vote2/sms2 gini, jadinya ga fair aja gitu. Kayaknya kualitas dan kompetensi dikalahkan oleh popularitas dan mungkin setori (kalo sms kontes2 gitu kan biasanya yang menang yang ceritanya paling melas). Tapi kembali lagi, tujuan diadakan kontes apaan? Marketing lagi kaaan? Jadi ya the more public awareness the better toch. Sekian analisa ga jelas saya…..(coba dulu pas kuliah udah sepinter ini ya, bisa dapet A nih :p)

Advertisements

3 thoughts on “Balada Bayi Sosialita

  1. oh sungguh ulasan yg brilian & menyingkap tabir. anda layak dpt nilai A! *opo seee…*tapi emang ya, ini trik marketing yg JUARA. modal dikit untungnya gede. ckckck… nah tapi saya juga kurang setuju model vote2an gini. dan lagipula, mbok ya artis2 or para sosialita itu memberi kesempatan pd masyarakat biasa utk tampil. udahlah cukup kakek nenek ayah ibu om tante-nya orang ngetop semua. biarlah si bayi jd orang biasa. toh tanpa ikut casting call beginian sesungguhnya bayi2 itu udah ngetop. huuuuhhhh…eh lho, maapken curahan hati seorang emak yg bukan siapa2 ini, bahkan yg gak rela bayar 500rb utk daptar kontes ini :)))

  2. wuakaka…. bener itu, lha tujuannya ndaftarin anak casting kan buat nambah duit belanja, lha kok malah motong duit belanja 500rb benernya kontes2 itu dikasih disclaimer: staff dan keluarga besar GAP dan artis2 papan atas dharap tidak mengikuti kontes ini untuk memberi kesempatan orang lain yang mau tenar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s