Tentang (dana) Pendidikan

Gara2 baca postingan ‘mbak itu’ yang mengkampanyekan pentingnya investasi untuk persiapan pendidikan anak -sekaligus bikin panas dengan daftar almamaternya yang top abesh- aku jadi pengen ikut2an membeberkan rencana sekolah untuk Mozi sekaligus masalah perduitannya yang dulu pernah dibahas oleh aku, bapaknya dan paman-bibinya Mozi. Berhubung sepupunya Mozi (beda 2bulan) tingalnya di Jakarta Selatan (cilandak) bisa dibayangkan sekolah2 daerah situ yang kelas artis baik kualitas dan harganya. Berikut ini ‘daftar harga’ sekolah2 unggulan di Jakarta menurut Paman-nya Mozi, sungguh mengerikan

SD Tarakanita (Rawamangun) Rp. 7,5 juta
SD BPK Penabur (Kelapa Gading) Rp. 15 juta
SD Bellarminus Rp. 11,5 juta (SPP: Rp.800 ribu/bulan)
SD Global Jaya (Bintaro) Rp. 14 juta (SPP: Rp. 3,8 juta/bulan)
SD Al-Azhar (Kelapa Gading) Rp. 20 juta
SD High/Scope Rp. 40 juta (SPP: Rp. 2,4 juta/bulan)
SD Madania Rp. 47 juta
SD Cikal (Jakarta Selatan) Rp. 50 juta

Begitu pula dengan jenjang SMP dan SMA di Jakarta, contohnya:

SMP Don Bosco (Pulo Mas) Rp. 12 juta
SMP Lab School (Rawamangun) Rp. 16,9 juta
SMA Lab School (Rawamangun) Rp. 17 juta
SMA IPEKA Rp. 18 juta
SMA Al Azhar (Pondok Labu) Rp. 22 juta (SPP: Rp. 800 ribu/bulan

Kalo jamanku (baca: kita) dulu kok kayaknya ortu ga segitu ngototnya ya sama duit sekolah. Mungkin karena sekolah di Malang, mungkin karena sekolah negeri, mungkin juga karena nilai inflasi yang masih rendah. Yang jelas dulu ga pernah denger keluhan ortu “nduk,kamu sekolah sampe SMA aja ya, ga ada biaya” tapi ngeluarin duit buat bayar LKS juga ga gampang2 banget “minggu depan ya, nunggu honor”.

Nah sekarang, Berhubung ini blog eke, jadi ini sepenuhnya kepengenan ibunya Mozi dan impian2 sekolahnya untuk Mozi :D. Namanya orang tua, saya juga mau anak yang soleh beragama, berpikiran terbuka, pergaulannya luas tapi tidak mudah terpengaruh, berkepribadian yang kuat, berbakat, tapi juga nggak tertekan dengan sekolah dan les2 dan pastinya tetap berbakti sama orang tua, agama dan negara. Beuh anak ideal beneeeerrr…..

Aku pengennya dia nggak terlalu dini masuk ke sekola atau institusi pendidikan formal semacam preschool bahkan baby class. Aku pengen dia belajar dan bersosialisasi dari lingkungan tanpa campur tangan sistem formal (tapi ga tau juga  kalo nanti tergoda masukin baby gym :D). Pokoknya sepuas2nya maen dan bebas deh sebelum mulai dengan formalitas sekolah, karena dulu aku punya masa kecil yang bebas juga, jadi aku pengen dia merasakan itu juga.

Nah untuk preschool aku nggak mau ada pelajaran2 yang menuntut seperti berhitung, membaca, basa inggris dll. Have fun aja lah untuk mengasah motorik dan sosialisasinya. Kalo pun ada pelajaran huruf atau angka2 ya sekedar pengenalan aja nggak ada tuntutan harus hafal, harus bisa, harus ngerjain tugas2, harus bersaing dengan teman2 apalagi di ranking. Baru setelah teka mulailah pelajaran untuk persiapan SD, tapi lagi2 aku stres deh kalo ada anak teka yang banyak tuntutan dari sekolah dan ortu. Aku pengen sedini mungkin anakku mendapat pendidikan yang mengasah potensi anak sesuai karakternya,  nggak memaksa jadi sesuai cetakan sekolah. Makanya aku pengen masukin ke Sekolah Alam yang pake sistem pendidikan berbasis karakter dan mengenalkan anak langsung pada alam tanpa takut kotor.  Nah berapakah biaya sekolah alam? Ini dia (attached). Apalagi kalo rencana jangka panjang mau tinggal di Bogor, sekolah alamnya emang sudah teruji (baik secara akademi maupun oleh sepupu2 mozi yang lain)

Nah kalo SD-nya baru yang berbasis agama, kalo masih di Bogor deket rumah juga ada sekolah Islam yang bagus Bina Insani yang ini sih secara nasional katanya udah diakui (menurut nenek sang peneliti sekolahan) tapi secaa harga belum disurvey. Denger2 sih SPPnya berdasarkan slip gaji ortu πŸ˜€ :D…kalo tukang becak SPPnya murah, kalo anak bupati ya beda lagi (jadi pake subsidi silang)

Kalo SMP dan SMA dan kuliahnya ga tau deh, belum kepikiran. Sapa tau lepas TK kita migran ke Abu Dhabi, jadi sekolahnya basa arab πŸ˜€ πŸ˜€ :D….Yah sekian lah pembahasan pendidikan super narsis saya. Sebagai bonus berikut ini saya sertakan artikel tentang mempersiapkan dana pendidikan untuk masa depan anak.

Image001

 

Advertisements

5 thoughts on “Tentang (dana) Pendidikan

  1. SDN Lowokwaru, SMPN 1, SMAN 1, UB..halah..UB pun mahal..astaga..apa yg murah?eh denger2 SMAN 10 tuh bagus dan ada subsidi..*masih ada yg murah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s