Bangkok in progress: Booking Tiket

Kamis, 23 Feb 2011

Siang itu sebuah SMS masuk ke hape saya. Biasanya sih sms promo ga penting (mulai dari Body Shop sampe Panti Pijat Midori) atau mention dari akun twitter saya. Ternyata adalah sms promo dari Air Asia yang akan menjadi titik awal petualangan kita kali ini (heleh)
" Air Asia Big Sale mulaidari RP.45.000 untuk pemesanan mulai sekarang s/d feb 28. Untuk penerbangan sebelum Maret 2012". Sebenarnya sms itu ga ada istimewanya. Air Asia udah sering banget kirim sms promo dan saya cuekin, tapi kali ini beza….

Ada sebuah rencana perjalana ke Bangkok yang sudah menyelinap di kepala saya sejak 2009. Gara2nya 2009 lalu ada seorang teman magang di Bangkok dulu yang berinisiatif untuk reunian pas tanggal 11-11-11. Waktu itu sih buat lucu2an aja, lagian siapa yang bisa nebak apa yang akan terjadi 2 tahun kemudian? Tapi kok ya dasar temanku ini anak yang sangat bersemangat dan banyak relasinya, jadi sekitar akhir 2010 kemaren dia bikin facebook invitation untuk acara ini. Responnya bisa ketebak, banyak yang ga bisa konfirmasi untuk acara yang akan berlangsung setahun kemudian. Aku? Iya in aja. Kalo dibatalin kan ga ada salahnya. Dan siapa tahu pas 2011 ada rejeki dan bapake mozi pas mau ngelencer2 berarti kita udah ada potensi tujuan wisata. 😀

Jadiiiii…….unlike perjalanan2 saya sebelum2nya yang biasanya udah direncanakan jauh2 hari, kali ini rencana Bangkok itu dibiarkan mengalir. Sampaaaiiii……sms promo itu tiba. Tiket murah, Mario pengen liburan, Mozi udah gedean, ada acara, aku ga terikat kerjaan…….apa lagi yang ditunggu? Jadi ga berselang sejam dari sms itu masuk eke sudah klak-klik sana sini booking tiket. Pada akhir hari itu, kami sudah mengantongo 3 tiket (2adults 1infant) ke Bangkok dengan Airasia tangal 9 Nov s/d 13 Nov. Kenapa tanggal 9 s/d 13? Karena yang available itu sih 😀 (yang deket tgl 11-11-11)

Jumat, 24 Feb 2011

Sejak sms Air Asia itu tiba aku gatel banget pengen berkoar2 ke siapa gitu kek. Si Mozi ga ngerti (meskipun dia bakalan ikut juga), orang rumah pada ga ada, Mario masih di laut dan ga bisa dihubungi, jadi aku men-tweet lah kegundahan hatiku itu. Ternyata mendapat respon dari @priambodo yang notabene udah pengen menyusulku ke Bangkok sejak masa magangku itu….2004 bok! Katanya dia pengen, tapi tahun ini udah ke KL jadi duit menipis. Aku kompor2in dia ga bisa janji meskipun pengen juga ketemu di sana dan jalan ke Thong Lo seperti yang direkomendasikan majalah DestinAsian andalannya ituh.

Aku jadi berandai2 senangnya kalo jalan ke Bangkok bareng temen2. Pertama karena aku kurang excitement (selain reuni dan ngelencerin Bapaknya Mozi, eke ga ada motivasi lain) dan yang kedua karena makin banyak orang perjalanan akan semakin ringan (terutama karena bawa bebi). Dan @diangambil came to mind. Kenapa dia ga respon tweet eke? Emang dia ga pengen ya jalan2…hemmmm…kitik2 dikit ah….:D

25 Feb 2011

Dengan sedikit kitik2 dan iming2 cicilan (hadeuuuh teteup) @diangambil berhasil tergoda. Dan siang itu saya kembali berkunjung ke situs Airasia untuk berburu satu tiket dengan harga yg sama dan tanggal yang sama (semoga adaaaa). Aagak ketar ketir juga karena waktu promo nya udah tinggal 3 hari dan si bocah itu udah kadung mimpi ke Bangkok (sampe udah bikn agenda segala). Dosalah aku kalo sampe ga dapet tiket.

Ternyata pembookingan tidak semudah yang disangka. Tiket untuk tanggal itu masih available tapi internet lemot. Udah bisa masuk sitenya data kartu kreditnya lupa. Mau masukin data kartu kredit eeeehhhh si mozi bangun. Baruu aja si Mozi dipegang Buk Ti, si Mami ngajakin keluar bentar belanja keperluan. Waduuuhh gimana itu nasib bookingan tiketnya buk gambil?????

Akhirnya setelah sore menjelang bookingan itu berhasil di lakukan.Fiuuuuhhh……akhirnya buk gambil jadi berangkat ke Thailand. Hem…..kok ga ada reaksi dari ybs ya? Mestinya kan kalo email konfirmasi udah masuk kan dia kasih2 kabar gituh…..Ternyata perjuangan belum berhasil pemirsa! Saya salah masukin email!!!! $%^& piye ikiiiii mana website Airasia juga error lagi, ga bisa menampilkan kode booking. Akhirnya dengan berat hati saya kabarkan berita tersebut pada ybs.

Sabtu, 26 Feb

Setelah gagal menghubungi call center Airasia, aku browse nomer lain di Indonesia. Setelah mendapat nomer Jakarta aku agak mendapat sedikit harapan. Telpon punya telpon eeeh?? sama aja disambungkn ke Airasia Meleysye yang berbahasa melayu dan inggris ga jelas. Wadoh perjuangan pulak ini ndengerinya. Udah gitu pas mau disambungin ke staf nya ngantri lamaaaaaa banget sampe akhirnya putus. Weleeeh dasar perusahaan online, jadi pas mau dihubungi offline susyah nya amit2, mungkin karena hari sabtu juga sih.

Aku coba masuk website askairasia.com untuk mencari FAQ yang sekirana membantu. Waktu aku masukin keyword "Lost Booking Confirmation Number" keluar beberapa solusi, salah satunya kalo emang ga bisa nemuin nomer itu di email dan website maka kita disuruh masukin data pemesanan (nama, flight dll) dan dikirimkan ke contact air asia. Untuk jawabannya silakan menunggu 3-5 hari kerja DUENG! …..untung perjalanan masih 9 bulan lagi, kalo besok kan bisa nangis gulung2 eke.

Minggu, 27 Feb

Di balik kepanikan (dan rasa bersalah atas kebodohan) saya, aku yakin we'll be all right. Aku yakin tiket sudah terbayar dan nama DIan udah masuk dalam daftar penumpang. Jadi kalo kepepet2 nya nanti pas cek in bisa kali ya nanya ke petugasnya atas nama dian ada ga, dan cek in bisa ga. NAH! kalo ternyata pas nanya2 itu ga bisa, ato ada problem, ato prosesnya lama….piye? Kenapa juga ngga kita tanyakan pada petugas bandara sekarang juga?

Jadilah hari itu saya berburu nomer telpon petugas Airasia di Bandara Juanda – Surabaya. Setelah bicara dengan petugas umumnya, aku menyambung ke petugas air asia…….tapi zero!

Senin, Feb 2011

Dian berinisiatif menghubungi Airasia melalui tweet dan DIJAWAB pemirsa!! Dia meminta nomer kartu kredit yang digunakan untuk melakukan pembayaran. Kami sudah masukkan dan sekarang sedang menunggu jawaban…..tic toc tic toc….

Advertisements

4 thoughts on “Bangkok in progress: Booking Tiket

  1. ini mau diedit disini aja atau bikin postingan baru enaknya?? Sudah berhasil sodara2..aksi tlp call center ga brenti sampe melibatkan mbak2 yang komen di atas itu..makasi mbak icha..kata orit ‘heh kowe ngko ngekei oleh2 lho ya..’ xixixi..walopun hasil ya sama..nihil..akhirnya pake tweet, dan mereka bilang kalo saya ga pernah DM..yah ga nyampe DM pas kapan itu..di DM lagi dan berhasil..di email..brangkutlah saya dengan plog..ga jadi ngguyangguyu di loket check in ya Rit..hohoho

  2. kowe ngguya-ngguyu di resepsionis hotel ae ya, berharap boleh diselundupkan (next post: Bangkok in Progress: Hotel)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s