Seni Memberi: Petunjuk Memilih Kado

Memberi kado itu sudah semacam tradisi yang berkembang menjadi kewajiban akhir2 ini. Dan aku termasuk orang yang suka sekali dengan kenyataan ini. Aku suka memilih, membungkus dan memberi kado untuk segala acara. Ada seni dalam memberi kado. Tapi kayaknya gak semua orang memberi kado, bukan karena nggak mau memberi, tapi males ribetnya. Ribet milihnya, ribet bungkusnya, belum lagi ribet kalo gak sesuai selera. Yah namanya orang kan pasti senang kalo dapet kado yang pas sama seleranya. 

Img_0075

 

Kalo menurutku ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam memberi/memilih kado:
1. Acaranya (Natal, Ulang Tahun, Hari Ibu, Kawinan dll)
Kalo menurutku acara yang paling personal adalah ulang tahun, dimana kado yang kita kasih harusnya sebisa mungkin cocok dengan si penerima. Kalo hari raya, hari ibu, hari kasih sayang sih biasanya asal memberi atensi dan menunjukkan kalo kita peduli aja sudah cukup. Misalnya rangkaian bunga, paket kue kering/coklat, kartu ucapan

2. Anggaran yang tersedia
Nggak berarti kado yang mahal pasti bagus dan lebih dihargai ya, bisa jadi yang kecil dan murah malah lebih berharga. jadi tentukan aja anggarannya, biar bisa lebih sempit pilihan kadonya

3. Dimana bakal ngasih kadonya
Ini juga penting menurutku. Karena kado yang terlalu personal mungkin lucu kalo dibuka pas sendirian di kamar, tapi gak lucu kalo dibuka di depan para undangan misalnya. Sebaliknya, mungkin kado yang lucu2an misalnya boneka yang loncat dari kotaknya, lebih lucu kalo dibuka pas banyak orang daripada pas sendirian. Begitu juga dengan kado yang dikirim pos, diletakkan di meja kantor, diserahkan langsung, dititipkan, disembunyikan, dll kudu disesuaikan. 

4. Siapa yang dikasih
Nah ini dia yang paling penting menurutku. Bagiku akan sangat penting kalo kado yang aku kasih kena di hati orang yang dikasih, menunjukkan perhatianku dengan dosis yang cukup. Aku nggak mau juga kasih kado yang terlalu personal untuk orang yang gak terlalu kenal, tapi ga mau juga kasih kado yang terlalu umum ke orang terdekat. 

Setelah mempertimbangkan faktor diatas, yang harus dilakukan adalah survey – apa yang sekiranya cocok untuk si penerima, hunting – ke toko2 atau kalo aku nih biasanya langsung beli aja barang yang kayaknya cocok untuk seseorang nanti kalo ada occassion-nya, atau minimal dicatat lah untuk reverensi, wrapping – sesuai kebutuhan aja dan presenting – dikasih ke orangnya langsung atau gak langsung. 

Nah sekarang sekedar memberi ide nih, kira2 apa yang cocok untuk seseorang

Keluarga Dekat
Biasanya sih cukup aman untuk memberi barang2 yang dibutuhkan, misalnya tas sekolah untuk adik, anting2 untuk ibu, dompet baru untuk bapak, kemeja untuk kakak cowok dll. Tapi kalo nggak ngado pun, misalnya kasih kue tar berrame-rame atau makan malam bareng sudah cukup berkesan lah menurutku

Sahabat
Nah yang ini bisa agak liar nih, bisa kasih yang lucu2an banget misalnya kolase gambar kegokilan masing2, atau sesuatu yang sesuai minatnya tapi gak bakal dia beli sendiri; misalnya buku tentang cara menghias cupcake untuk di jago baking, biografi Steve Jobs untuk si IT geek, atau kue bentuk tas LV untuk si shopaholic. Yang menurutku harus dihindari malah kado2 yang umum, kayak bunga (emang pacarnya??), boneka (kecuali boneka komodo untuk si aktifis WWF misalnya), atau dasi (kecuali untuk si anak baru lulus yang ga punya dasi buat wawancara kerja). intinya sih personalisasi, untuk membuat harinya berkesan aja.
Img_0863
Gak Kenal Deket
Gak deket2 banget, tapi diundang dateng ke acara ultahnya, malu dong kalo ga bawa kado. Kalo saranku malah; jangan terlalu banyak pertimbangan. Karena kita gak kenal2 banget, tapi ngasih yang terlalu personal entar malah dikira sok kenal, atau stalker, atau bisa2 malah menyinggung. Yang netral2 aja kayak coklat, bunga, parcel buah, buku best seller atau apapun lah yang sekiranya bisa dikasih tanpa dibungkus rapat2 (karena membungkus berarti menambah misteri)

Temen Kantor
Yang ini mah, kecuali deket banget kayaknya mending gak usah ngado deh. Entar jatoh2nya malah jadi terlalu intim. Kalo emang mau ngerayain ya barengan temen2 lain aja patungan beli kue tar, atau cukup kartu ucapan lucu di meja kerjanya kalo emang lumayan nge-fren. 

P8306364

Camer
Mak ini politis abis nih, salah kasih kado bisa suram masa depanmu. hahahah. Kata kuncinya sih; respek. Kita kasih kado untuk menunjukkan kalo kita respek dengan bapak/ibu camer, bukan untuk mengambil hati apalagi untuk nyogok (ya meskipun masuk dalam agenda sih :p). Jadi ya sebisa mungkin netral, tapi elegan. Nggak terlalu fungsional banget, entar dikira pemberian belas kasian (emangnya tante gak bisa beli hairdryer apa?) dan nggak playful (ini apa maksudnya om dikasih dasi bunga2 nih?). Yang netral semacam bunga meja, atau anggrek hidup untuk tante biasanya sih aman, atau sekotak kurma, buku golf kegemaran om juga oke kayaknya.

Anak kecil
Nah loh, ngasih kado anak kecil juga gak gampang lho. Kudu diliat umurnya, marilah dibagi jadi bayi, balita dan anak2  Kalo bayi bagusnya dikasih keperluan bayi yang bermanfaat, meskipun kalo mau kasih yang mahal (kayak breastpump misalnya) mendingan tanya dulu emaknya butuh/enggak karena biasanya banyak yang udah kasih. Kalo balita dan anak2 bagusnya baju2, mainan atau buku, supaya menyenangkan dia yang ultah (bukan ortunya) tapi harus disesuaikan umur ya, kudu yang aman buat si kecil dan kudu muat buat yang mau kasih baju. 
Img_1092
Remaja
Nah kalo remaja emang agak tricky, mau adek, adek ipar, temennya adek, adeknya temen, siapapun yang tergolong ABG atau remaja itu biasanya gak peduli sapa yang kasih, yang penting dia suka. Nah udah deh, gak usah takut terlalu personal, tanya aja sama ybs/emaknya/sodaranya kira2 dia suka apa (jangan butuh apa, belum tentu dia tau kebutuhannya apa). Misalnya suka Powerranger (heyaaa ini remaja tahun berapa yak) ya bolehlah kasih kotak pensil powerranger, atau kalo suka catur, kasih papan catur mini. 

Gebetan
Hwaaaaa ini yang ditunggu2 nih. Gebetan itu kategorinya orang yang lagi digebet (ya eyalah) bisa belum kenal, bisa juga udah lumayan deket tapi
belum berstatus pacar. Tujuan ngasih kado ini sih biasanya mau menunjukkan kalo kita ada perhatian, gitu kan? Jadi ya sebisa mungkin kudu menunjukkan kalo kita udah sedikit banyak tau tentang doi. Tau hobinya, warna kesukaannya, band favoritnya dll. Nah ide kadonya diambil dari situ aja, misalnya topi basket, gelang pink, novel favorit, dll. Perlu diingat kalo bisa kadonya  jangan terlalu mahal (belum tentu jadian ini) dan jangan terlalu personal (misalnya sepatu keds ukuran 43 karena kita tau sepatu keds dia jebol, haduh jadi kayak sedekah dong ya)

Pacar/Suami/Istri
Aku juga baru sadar kalo kasih kado ke pacar dan ke pasangan itu sama aja. Cuma bedanya kalo untuk pacar belum boleh kasih yang intimate ya ๐Ÿ˜€ :D. Karena kita tergolong orang terdekatnya ya pengennya kasih kado yang paling berkesan dibanding yang lain. Kalo mau bener2 usaha ya disurvey lah jauh2 hari, apa kebutuhannya, apa kepengennya yang belum terpenuhi, obsesinya, impiannya, sangat2 dalam deh. Hasilnya bisa beragam banget, mulai dari ikat pinggang, sepatu Loubutin sampe tiket pulang pergi ke Venesia (heyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa). 

Oh ada kategori baru lagi nih yang agak susah dikasih kadonya, yaitu

Temen Tajir
Hadeh kalo kitanya sendiri pas2an, mau ngasih temen yang udah punya segalanya itu susah2 gampang ya. Kalo menurutku sih kata kuncinya bukan lagi ‘mahal’ atau ‘butuh’ tapi lagi2 personal. Seusatu yang bahkan dia gak bisa/gak kepikir buat beli. Foto kenangan kalian yang di frame bagus, koleksi antik (misalnya dia penyuka musik, kita kasih album jadulnya Elvis Presley yang beli di Kwitang misalny, ga perlu mahal kan, tapi butuh usaha sih), atau yang umum aja sekalian kayak kue (kalo mau lebih personal ya bikin sendiri, atau dihias sesuai karakternya), buku yang unik (misalnya 1000 fakta unik tentang Obama, cara mengusir hantu, ato apa lah). Pokoknya jangan maksa beli sesuatu yang lux, apalagi kalo sampe beli yang bajakan….big no no. mendingan gak ngasih deh. 

 

Advertisements

3 thoughts on “Seni Memberi: Petunjuk Memilih Kado

  1. jadi..grey studded shirt berlengan panjang??kok bisa ya..yag emang bukan gebetan juga..tapi lhoo dia kan tahu jenis baju kaya apa, warna kaya apa yang biasa tak pakai..*masih dibahas yak..*

  2. eh postingan ini kayaknya perlu disampaiken ke si pemberii kado kaos abu2 lengan panjang deh. mwahahahahaha… *ngakak guling2 sampe bandung*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s