Mengapa Saya Tidak Menjadi PNS

Sebenernya yang tanya hal ini ga ada di sini, tapi kenapa saya jawabnya di mari ya?
Haha biar aja, niatnya cuma evaluasi diri aja kok

Jadi kenapa, mengingat kedua ortu dan kedua mertua adalah PNS dan sekarang pun saya kerja di institusi pemerintah, saya ga berniat menjadi PNS?

  1. Saya ingin pekerjaan yang fleksibel, dalam jam kerja, dalam karir (bisa resign dan apply sesuai kebutuhan) dan dalam load-nya
  2. Saya nggak mau masuk dalam sistem kepegawaian yang rumit dan ribet. Urusan golongan lah, saingan naik pangkat, mutasi, promosi dll dst dsb…..saya ga mau karir saya diatur orang.
  3. Saya nggak mau terbutakan dengan perduitan, karena sesungguhnya jadi PNS itu kudu itung2an gaji, tunjangan, uang makan, uang rapat dll. Kalo ga aktif ga dapet duit, tapi masa kudu kerja pake argo (kalo rapat ga dikasih honor ga dateng)
  4. Emang sih enak semua ditanggung negara, askes, pensiun, anak, suami, bahkan rumah. Tapi apa bener tunjangan itu cukup? Apakah bener prosedurnya semudah itu? Sampe kapan dan sampe dimana akan menggantungkan hidup pada negara? Saya mendingan berjuang sendiri untuk menabung hari tua, untuk bayar premi asuransi dll.??
  5. Males sama cap negatif-nya. Saya tau banget kalo PNS jaman sekarang kinerjanya udah lebih TOP, tapi males aja kalo jam istirahat ke mall pake rasa bersalah. Naik mobil plat merah dikira biar bebas tilang dll
  6. Memang kerja diamanapun akan ketemu dengan intrik2 dan kompetisi yang gak sehat, tapi bayangkan kalo jadi PNS intrik dan musuh bebuyutan itu akan kamu temui SEUMUR HIDUPMU….mak malese. gak mau nambah jerawat deh
  7. Saya paling ga tahan kalo harus bekerja dalam bidang yang tidak saya kuasai, padahal kalo di PNS ga selalu posisi kita sesuai dengan kemampuan, tergantung posisi yang lowong apa. kalo picky ya ga naik2 pangkat. ribet toch
  8. lastly saya gak siap ngadepin persaingan CPNS nya bok….saingan bejibun, belum tentu ketrima, udah gitu banyak yang lebih membutuhkan daripada eke
Advertisements

4 thoughts on “Mengapa Saya Tidak Menjadi PNS

  1. sayapun awalnya tidak mau jadi PNS karena untuk masuk aja udah ribet daptarnya. Trus silsilah keluarga inti ga ada yang PNS. Satu2nya PNS yang sangat saya inginkan adalah BPK karena emang sangat relevan dengan bidang saya. Tapi kalau dengan pekerjaan saya sekarang trus saya bisa jadi PNS, ya kenapa ga…OK OK aja..toh ga jadi PNS tetep aja struktur gaji mirip2 PNS gitu..kalau karir sih mau PNS atau bukan, di bidang saya ini tetep aja naik pangkat atau tidak tergantung kinerja diri sendiri..jadi status pegawai itu tidak berpengaruh..

    • iya kok PNS ga PNS sekarang ga beda jauh kesejahteraan dan jenjang karirnya. ga kayak dulu jaman ortu2 kita dimana kalo udah PNS itu kayaknya hidup terjamin banget. semangat ya!

  2. Hehehe baca ini akibat lagi dilemma mau ikutan CPNS periode 2013 apa enggak. Kalo orangtua sih maunya saya ikutan. Tapi kok ya ribet dan yang sudah ada di mind set saya adalah “kemungkinan diterima cuma 1% karena ga tau kenapa merasa picik dengan sistem penerimaannya” . Ya makanya nih dilemma ditambah abis baca yang atas heheheheheeee.

    • hehe jangan sampe terpengaruh loh, ini cuma pertimbanganku semata. padahal ortuku semua PNS dan aku udah kerja di pemerintahan lebih dari 5 tahun. yang perlu diingat adalah generasi kita dan ortu beda banget, jadi sebisa mungkin kita pertimbangan kondisi kita sendiri. takutnya udah terlanjur masuk PNS terus ga betah dan drop out hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s