Masalah Magang..*sigh

Jadi….magang itu hal yang positif sodara2. Saya pro sekali terhadap program magang ini karena memberi kesempatan siswa untuk terjun ke dunia kerja jadi nanti kalo cari kerja ga kagok dan udah ada pengalaman yang bisa dijual di CV. 

Itu dari sudut siswa magang, nah gimana pendapatku dari sisi pekerja yang ditebengi anak magang? Pros and cons I must say. Di satu sisi aku senang mereka bisa belajar dari sistem kerjaku, sukur2 kalo bisa bantuin kerjaan2 kecil. Tapi di sisi lain yang namanya ditumpangi orang asing di wilayah teritori kita itu agak risih buatku. Menurutku kalo mau jadi anak magang yang sempurna di mata Orit (yes….moi) maka ada aturannya. 

RED FLAG

Ini semua aturan norma kesopanan dan kewajaran biasa, jadi kalo udah melakukan ini ya gak akan diterima di tempat kerja manapun

  1.  Mencuri, mengambil barang2 kantor baik yang insignifikan (stapler) sampai yang confidential (dokumen)
  2. Tidak Rapi, mulai dari penampilan (pake sendal) sampai pekerjaan (buang sampah sembarangan)
  3. Menggoda, nanya2 pacar lah, minta dianterin pulanglah, mepet2 lah, pokoknya kalo udah nyerempet sexual dan romantisme kalo di kantor ga pantes deh

YELLOW FLAG

Kalo ini mungkin penyelewengan yang masih bisa diperbaiki atau diingatkan ya, tapi kalo ga digubris juga ya ke laut aja sonoh

  1. Menolak dikasih pekerjaan/gengsi/pilih2 kerjaan. Udah deh masih untung lo dibolehin nebeng disini jadi bersyukurlah kalo ada yang kasih kerjaan sekecil apapun.
  2. Bengong. Udah dikasih kerjaan, udah dikasih tau caranya, masiiiih aja bengong ga dikerjain tapi ga nanya juga. 
  3. Dikit2 nanya. Bertanya itu bagus, tapi cobalah mencari solusi dan informasi dulu sebelum tanya. Jadi ga semua hal ditanyain; dari cara ngapus tabel, sampe kursinya pak ini dan pak itu dll
  4. Berisik, lha kalo pegawe aja kalo diberisik banyak yang sewot gimana anak magang yang ketawa ngakak, cekikikan, ngomong keras2 dll
  5. Maen hp terus di kantor. Kecuali magang di konter hp mendingan ga usah deh maen2 hp. 
  6. Nelpon/sms orang kantor diluar urusan kantor. Urusan kantor pun kayaknya ga perlu juga kalo anak magang yak. 
  7. Sama orang lain ga pake permisi, terima kasih, kasih salam, bahkan ga pake Pak/Bu/Mbak/Mas

PINK FLAG

Nah ini murni hal2 yang dibenci banget sama Orit, jadi kalo ada anak magang yang kayak gini mendingan jangan deket2 eke deh

  1. Suka ngeliatin, orang lewat diliatin, orang makan diliatin, orang nelpon diliatin, orang browsing diliatin. Duh! situ dari gua apa gimana sih, risih tauk
  2. Sok akrab. Minta2 nomer pin BB, minta foto bersama, minta tolong sambil manja2, minta ditraktir hih! mentolo napuk
  3. Bergerombol, foto copy aja ber3, ngetik kerjaan barengan, nganter surat minta dianterin temennya, nanya alamat pun ga berani sendirian. Plis deh, selain berisik dan ganggu, belajarlah mandiri, yang lain kan bisa kerjain hal lain. 
  4. Pasif, nggak ada kerjaan ga minta, gak ada inisiatif, ga nawarin bantuan, mendingan lo pulang aja deh
  5. Kalo ditanyain diem aja/jawabnya minim/suaranya pelan banget padahal kalo sama temennya rame bener.
  6. Nyuruh/minta tolong sama pegawai, lha ini yang magang elu apa gw? 

GREEN FLAG

Kalo udah nggak melakukan hal2 diatas, seorang anak magang yang lebih baik lagi adalah yang melakukan hal2 ini

  1. Melakukan pekerjaan dengan sigap setelah sekali dikasih tau 
  2. Berinisiatif melakukan pekerjaan dengan cara yang lebih efektif
  3. Menanyakan hal-hal apa yang bisa dilakukan
  4. Mencatat petunjuk, informasi dan hal2 yang akan berguna untuk kerjaannya nanti
  5. Mengisi waktu dengan melakukan laporan/pekerjaan sekolah kalo ga ada tugas kantor
  6. Menghormati kalo ditawari makan/ikut kegiatan diluar kerjaan, jadi ga perlu langsung nolak atau malah senyam2 ga jelas 

 

 

Advertisements

5 thoughts on “Masalah Magang..*sigh

  1. Ih setuju semua itu flagsnya, merah kuning ijo sampe pink :D. Ada lho, anak magang di tempatku, pas gak ada kerjaan bisa berani2nya tiduran ndlosor di meja! Malah bawa apa itu yg game2 PS gitu. Edan! Yang negur (supaya jangan gitu lagi) dari yang cuma karyawan biasa (which is saya) sampe direktur. Udah ditegur direktur pun, besoknya masih glesotan lagi di meja. Jarang masuk pula pake alasan sakit dll. Akhirnya kita laporin ke HRD, trus dia diberhentikan sebelum masa magang selesai. Baru magang aja udah dipecat gitu…

    • astagah!!! gak niat banget sih! ini ada yg magang nglamak di tempatku, tiap 5 menit nanya dan minta tolong udah gitu manggilnya teriak2 dari meja dia ke temenku yang di seberangnya. nggak pake ‘mas’ lagi! parah nih anak mau jadi apa nantinya….

  2. anak jaman sekarang ya..dulu aku juga magang. Risih aja kalau ga ada kerjaan. Trus dikasih kerjaan borongan rame2 sekelompok magang. kesempatan kerja sambil ngrumpi. tapi kami ga berisik. kalaupun agak berisik ga ganggu karena ruangan terisolasi. trus pas selesai magang kami bagi2 kue ke pegawai2 hasil jerih payah ngerjain kerjaan borongan. sungguh anak magang yang terpuji

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s