PNS vs NGO

Beda tempat kerja, beda juga budaya dan mental kerjanya. Atau sebaliknya? Orang dengan mental kerja tertentu cenderung mencari kerja di tempat yang sesuai dengan prinsip dan idealisme nya sehingga tercipta lingkungan kerja yang seragam dan tipikal.

PROYEK BARU

PNS: Ada honornya ga?

NGO: Aku bisa bantu apa?

ORANG MINTA TOLONG

PNS: Kayaknya ga masuk jobdes gw deh, disuruh siapa? udah lengkap belum dokumennya? mau selesai kapan?

NGO: Segera saya laksanakan

TEMEN NAIK PANGKAT

PNS: Kok bisa ya? sapa backingnya? ya iyalah dia kan ini-itu

NGO: Pasti kerjaannya tambah berat

DINAS LUAR

PNS: Eh kok dia terus sih yang dikirim dinas luar? tunggu giliran dong.

NGO: Ya udah ada tugasnya masing2

TAWARAN KERJA BARU

PNS: Gilak aja, disini gw udah dapet pensiun, tunjangan, kerjaan mapan

NGO: Tantangan baru? Gaji baru? Orang baru? Go for it!

KENAIKAN GAJI

PNS: Mana nih kenaikan gaji ga turun2

NGO: Kudu kerja lebih keras lagi nih kalo mau tambahan income

KUNJUNGAN PEJABAT

PNS: Hormat pak!

NGO: Mau apa lo?

KETEMU ORANG ASING

PNS: Sama dia aja deh, dia Inggris-nya jago

NGO: Hi, how can I help you

DUIT SEGAR

PNS: Bagi2 lah, biar ga ada yang nyinyir

NGO: Salurkan pada yang membutuhkan

CALON MERTUA

PNS: Anak Om terjamin

NGO: Kadang basah kadang kering ya Om

LIBURAN

PNS: Berapa jatah cuti gw? Ikut workshop di luar kota aja deh, bawa keluarga gpp kan ya?

NGO: Bulan depan gw liburan 4 minggu, jangan dicari ya, gak digaji gak masalah. Nepal waits for no one!

KEBUTUHAN PRIBADI

PNS: Ini ada tunjangannya ga? masuk askes? di koperasi ada ga?

NGO: Kalo ada duit beli, ga ada ya ga beli.

KEBUTUHAN KERJAAN

PNS: Disediakan ngga sama kantor? minta TU aja, kalo ga dikasih ya ga mau kerjain gw.

NGO: Kalo ga ada beli, ga ada duit pake duit gw

FASILITAS KANTOR

PNS:  Sederhana aja lah, yang penting ada sisa duitnya buat ongkos

NGO: Yang super keren dong, sesuai jatahnya

Kalo aku sendiri? I fall in between the two. Aku pernah kerja di kedua bidang, tapi aku sejujurnya menolak untuk digolong2kan karena aku ingin membebaskan diriku untuk mencoba segala hal dan serius menekuninya tanpa mengubah karakter dan idealisme -ku sendiri.

Disclaimer: Nggak semua PNS/NGO berpikiran seperti itu, tapi cara berpikir seperti itu wajar aku dengar dari teman2ku di kedua bidang tersebut. Nggak semua negatif dan ga semua positif, pemikiran itu muncul kan karena latar belakang pekerjaan masing2. Ada yang mau jadi PNS karena pengen hidupnya ‘ditanggung’ negara, ada juga orang NGO yang cari kerja di LSM karena duitnya gede. Padahal kedua bidang tersebut sangat mulia kalo didasari dengan PENGABDIAN. Toch?!

 

Advertisements

One thought on “PNS vs NGO

  1. Emang banyak yang berpikir begitu mbak *curhatan pns* dan ada juga temenku di kantor yg persis ngomong hal yg sama saat liat temennya naik pangkat duluan. Hahahahaha. Aku setuju, sebagian karena lingkungan yg akhirnya membentuk mental jadi begitu, sebagian karena dianya emang udh begitu jd memilih yg pas buat dia. *geleng2 kepala*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s